Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Bacaan Doa Dan Niat berQurban Pada Hari Raya Idul Adha



Qurban (disebut juga kurban menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia) merupakan salah satu bentuk ibadah yang dapat dilaksanakan oleh umat Muslim yang memiliki kemampuan. Apabila seseorang berniat untuk melakukan ibadah qurban, disarankan untuk membaca doa dan niat khusus yang berkaitan dengan qurban Idul Adha terlebih dahulu.


Ibadah qurban ini merupakan tindakan yang mengikuti contoh dari kisah Nabi Ibrahim yang dengan tulus hati bersedia untuk mengurbankan putranya, yaitu Nabi Ismail.

Namun, ketika Nabi Ibrahim hendak menyembelih Nabi Ismail, Allah Subhanahu wa Ta'ala menggantinya dengan seekor hewan besar sebagai gantinya. Hal ini sebagai balasan atas ketulusan dan kesungguhan Ibrahim dan Ismail dalam menunaikan perintah tersebut.

Perintah untuk melaksanakan ibadah qurban ini tertulis dalam Al Quran surat Al Kautsar ayat 1-2. Allah Subhanahu wa Ta'ala Berfirman :

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ - ١ فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ - ٢

Artinya: "Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)." (QS. Al Kautsar: 1-2).


Niat dan Doa Qurban Idul Adha

Niat berkurban dapat disampaikan dengan cara yang bermakna secara pribadi sebelum melaksanakan penyembelihan hewan kurban, sejak tanggal 1 Dzulhijah. Oleh karena itu, setelah Anda memperoleh hewan yang akan dikurbankan, Anda dapat mempertegas niat berkurban secara dalam hati.

Ungkapan niat berkurban dapat dirumuskan dalam bahasa Indonesia sebagai berikut: "Saya dengan sungguh-sungguh bermaksud untuk berkurban semata-mata karena keridhaan Allah Ta'ala."

Kemudian, ketika akan menyembelih hewan kurban, dianjurkan untuk membaca bismillah, sholawat, takbir, serta mendoakan penyembelihan kurban Idul Adha.

Berikut adalah doa dan niat berkurban Idul Adha yang dikumpulkan dari sumber yang diambil dari laman NU Online.


1. Membaca basmalah


Bismillaahirrahmaanirrahiim (Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang).

2. Membaca sholawat

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allâhumma shalli alâ sayyidinâ muhammad, wa alâ âli sayyidinâ muhammad (Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya).

3. Membaca takbir tiga kali dan tahmid sekali

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ

Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd (Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu).

4. Membaca doa saat menyembelih hewan kurban Idul Adha


Allahumma hadzihi minka wa ilaika, fataqabbal minni ya karim (Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertakarub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah takarubku).

Demikian bacaan doa dan niat qurban Idul Adha. Semoga bermanfaat Sobat Lite !