Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Catat Tanggal Penting: Puasa Arafah 2023 Segera Tiba! Jangan Lewatkan



Kapan pelaksanaan puasa Arafah pada tahun 2023? Silakan periksa jadwalnya di sini. Selain itu, mari kita bahas juga keutamaan yang sangat besar dari puasa ini.

Puasa Arafah dijalankan pada tanggal 9 Dzulhijjah, yang bertepatan dengan momen puncak ibadah haji, yaitu wukuf di Arafah.

"Puasa Arafah harus berkaitan dengan Arafah itu sendiri, baik dari segi tempat maupun waktu. Tempat dan waktu Arafah jatuh pada hari Selasa (27 Juni 2023), yaitu hari wukuf. Di Arab Saudi, wukuf sudah dilakukan," kata Profesor Dr KH Ahmad Zahro MA Al Hafidz, yang dikutip dari saluran YouTube Zahrowy TV pada hari Ahad (25/6/2023).

Sebelumnya, PP Muhammadiyah telah menetapkan bahwa hari raya Idul Adha 1444H jatuh pada hari Rabu, tanggal 28 Juni 2023.

Dengan demikian, menurut Muhammadiyah, puasa Tarwiyah (8 Dzulhijjah) akan dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 26 Juni. Kemudian, puasa Arafah (9 Dzulhijjah) akan dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 27 Juni 2023.

Namun, terdapat perbedaan dengan penetapan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama. Berdasarkan hasil sidang isbat, ditetapkan bahwa tanggal 1 Dzulhijjah 1444 Hijriah jatuh pada hari Selasa, tanggal 20 Juni, dan Idul Adha jatuh pada hari Kamis, tanggal 29 Juni 2023 Masehi.

Dengan demikian, menurut pemerintah, puasa Tarwiyah (8 Dzulhijjah) akan bertepatan dengan hari Selasa, tanggal 27 Juni, dan keesokan harinya, yaitu hari Rabu, tanggal 28 Juni, akan dilaksanakan puasa Arafah (9 Dzulhijjah).